20 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Musim Hujan, Petani Kubar Mengeluh


Musim Hujan, Petani Kubar Mengeluh

KLIKSENDAWAR.COM- Curah hujan yang tinggi di kawasan Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur membuat musim tanam dan masa panen petani mulai terganggu. Bahkan, kondisi itu membuat sejumlah lahan pertanian di pesisir mulai tergenang banjir.

“Di Kecamatan Muara Pahu mulai banjir. Tapi, belum genangi sawah petani. Kami masih bisa panen, meskipun terburu-buru. Sedangkan di Kecamatan Penyinggahan sebagian besar sudah tergenang banjir,” kata Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (KKPP) Kubar, Abraham.

Dia menambah, saat ini pihak KKPP Kubar koordinasi intensif dengan para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), terutama yang bertugas di kawasan dataran rendah di pesisir. Menurutnya, sejak kemarin pihaknya mulai inventarisir seluruh lahan persawahan dan ladang warga yang mulai tergenang banjir.

Terpisah, Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Bongan, Kasto Maulidin mengaku sawah petani di wilayah dalam persiapan lahan dan segera tanam serentak.

Meski di Bongan belum banjir, lanjut dia, petani menghadapi keterlambatan masa tanam, karena ada larangan membakar lahan saat membuka lahan baru. “Musim hujan jadi kendala petani sawah, karena curah hujan berlebihan,” urainya.

Kasto menjelaskan, saat ini di Bongan ad ribuan hektare sawah, terutama di Kampung Jambuk Makmur terdapat 225 hektare, di Muara Kedang ada 75 hektare ditambah 80 hektare sawah baru dicetak bantuan Dinas Perkebunan Pertanian dan Peternakan Kubar tahun ini.

“Selain rugi karena peralihan musim, petani Bongan kurang modal akibat gagal panen tahun lalu,” imbuhnya. (*)

Reporter : Aysah Idris    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0