24 Mei 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Akses ke Lima Kampung Rusak, Perusahaan Diminta Buka Mata


Akses ke Lima Kampung Rusak, Perusahaan Diminta Buka Mata
Beginilah kondisi akses jalan menuju Desa Tanjung Soke, Kecamatan Bongan, Kutai Barat.

KLIKSENDAWAR.COM- Akses jalan penghubung Kecamatan Bongan, menuju lima kampung pinggiran yakni Pering Talik, Lemper, Deraya, Tanjung Soke, dan Gerunggung rusak parah mendapat tanggapan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Kimpraswil (DPU dan Kimpraswil) Kutai Barat.

Kepala Dinas PU Kubar Asrani B menerangkan, anggaran perbaikan jalan di kawasan itu sejatinya sudah diusulkan pada APBD 2017. Namun, sementara waktu, Dinas PU Kutai Barat juga meminta masyarakat setempat, berkoordinasi dengan perusahaan sekitar, untuk melakukan perbaikan darurat.

“Saya terus kordinasi dengan pak Bupati, dan kita tunggu evaluasi dari Pemprov Kaltim terhadap usulan dalam APBD itu,” kata Asrani.

Dia menambahkan, jika APBD Kubar 2017 telah lolos dalam evaluasi Pemprov, maka DPU Kubar mengusulkan kepada Pemkab dan DPRD, agar khusus untuk wilayah kerusakan akses terparah Bongan akan dilakukan percepatan lelang.

“Utamanya untuk perbaikan dan peningkatan badan jalan tersebut pada hotspot kerusakan terparah. Sebenarnya lelang baru bisa dilakukan sekitar Maret- April 2017. Tapi karena kondisi urgen (mendesak) sebagai urat nadi masyarakat, maka saya akan usulkan percepatan lelang pada Januari 2017,” jelasnya.

Asrani juga berharap masyarakat bersabar. Jika pada 2017 mendatang dari puluhan titik kerusakan belum bisa diperbaiki semua, itu disebabkan pada keterbatasan anggaran.

“Untuk saat ini saya imbau Camat dan petinggi kampung serta tokoh masyarakat kordinasi, apabila memang ada perusahaan yang beroperasi di sana dan melintas menggunakan jalan itu, maka wajib perusahaan membantu perbaikan sementara. Penggunaan truk perusahan di jalan umum itu ada aturannya,” terangnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua II DPRD Kubar Arkadius Elly juga telah mengimbau perusahaan di wilayah itu agar memberikan bantuan perbaikan sementara. Arkadius Elly mengimbau agar camat, petinggi kampung dan para tokoh lima kampung, segera berkordinasi dengan perusahaan terdekat disana.

“Camat, petinggi kampung, para tokoh masyarakat kordinasi. Ajukan permohonan bantuan agar perusahaan memperbaiki sementara titik kerusakan parah. Timbun dengan tanah dan membuatkan parit di titik rusak,” kata Arkadius. (*)

Reporter : Said Omar Nagata    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0