22 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Pemprov Kaget Masih Ada Badak Sumatera di Kubar


Pemprov Kaget Masih Ada Badak Sumatera di Kubar
Anak badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) Andatu bersama induknya Ratu di SRS Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur beberapa waktu lalu.

KLIKSENDAWAR.COM- Keberadaan badak sumatera yang hidup di Kutai Barat, Kalimantan Timur membuat Pemprov Kaltim kaget bukan kepalang. Meski pun populasi hewan amat langka dan dilindungi ini diperkirakan 12 badak saja.

"Terus terang, awalnya kami kaget mengenai informasi masih adanya badak yang hidup di Kalimantan Timur, karena sekitar 1970-an badak sumatera di Kalimantan Timur dikabarkan telah punah," ujarnya melansir antara.

Menurutnya, zona jelajah badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, tidak aman karena masuk areal konsesi Hak Pengusahaan Hutan dan Hutan Tanaman Industri.

"Lokasi yang diduga menjadi zona jelajah badak sumatera tidak aman akibat masuk dalam areal empat konsesi perusahaan kehutanan, yakni dua pemegang HPH dan dua HTI," ujar Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Timur, Wahyu Heranata, di Samarinda,

Terkait dengan itu, maka mereka memetakan areal jelajah badak sumatera yang hidup dan berkembangbiak di Kabupaten Kutai Barat, sebagai tahapan awal perlindungan, agar badak sumatera yang ditengarai dari Sumatera itu tetap masih dapat berkembang di Kalimantan Timur.

Pemetaan dilakukan agar rencana kerja tahunan terkait tebangan perusahaan pemegang konsesi HPH tidak mendekati atau masuk di zona jelajah badak sumatera.

Ia mengaku sudah melakukan pertemuan dengan perusahaan pemegang izin konsesi mengenai pemetaan untuk jelajah badak, sehingga rencana kerja kawasan tebangan tahunan akan digeser agar tidak mendekati bahkan tidak masuk zona jelajah badak sumatera. (*)

Reporter : Ramadhan     Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0