20 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

AIDS/HIV di Kubar; 90 Orang Terjangkit, 2 Masih Bocah


AIDS/HIV di Kubar; 90 Orang Terjangkit, 2 Masih Bocah

KLIKSENDAWAR.COM- Hingga 2016, jumlah penderita penyakit HIV/AIDS di Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur menyentuh angka 90-an orang. Ironisnya, ditemukan dua bocah masih berusia 3 dan 9 tahun positif terjangkit penyakit mematikan ini dari orangtuanya.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kutai Barat, Depit Manual menjelaskan, mulai 2017 nanti, Dinas Kesehatan (Diskes) Kubar bakal menggalakkan Program Pencegahan Penularan HIV/AIDS dari Ibu kepada Anak (PPIA).

“Semua ibu hamil yang datang ke Puskesmas diperiksa status HIV/AIDS-nya. Kemudian diberi obat anti-retroviral dengan harapan tidak ada transmisi ke anak,” kata Depit Manual.

Lanjut Depit, deteksi dini tersebut untuk pencegahan penularan HIV/AIDS dari ibu kepada anak. Hal itu juga penting untuk menentukan proses kelahiran.

Dia menambahkan, untuk mengoptimalkan upaya ini, Dinas Kesehastan menargetkan tahun puskesmas se-Kubar dapat melaksanakan tes serupa. “Kelihatannya jumlah penderita HIV/AIDS di Kubar terus meningkat, meskipun tidak terlalu signifikan,” imbuhnya. (*)

Reporter : Ramadhan     Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0