20 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Danau Aco, Surga Tersembunyi di Puncak Bukit Kubar


Danau Aco, Surga Tersembunyi di Puncak Bukit Kubar
Salah satu tempat wisata kebanggaan Linggang Melapeh yaitu Danau Aco yang terletak di puncak bukit.

KLIKSENDAWAR- Kutai Barat (Kubar) Kalimantan Timur memiliki banyak potensi wisata alam masih tersembunyi. Danau Aco merupakan salah satu wisata alam unggulan yang berada di Kampung Linggang Melapeh, Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Memiliki luas keseluruhan hampir dua hektare. Luas keliling danau yang  semula berukuran lebih dari 800 meter, terus mengalami pendangkalan secara alami dan praktis menyisakan luas danau berisi air sekitar 200 meter saja.

Kurang terurusnya wisata alam Danau Aco membuat tanaman eceng gondok dan tanah terus menutupi air, sehingga meninggalkan danau berdiameter sekitar 120 meter dan kedalaman 30 meter. Untuk menjangkau danau, dibuatlah semacam jalan menggunakan kayu-kayu yang disusun berbaris rapi, melewati tanaman eceng gondok seperti sebuah dermaga di tepian danau.

Untuk memasuki wisata Danau Aco, pengunjung cukup mengeluarkan uang retribusi sebesar Rp 1.000, dengan tarif parkir kendaraan motor Rp 1.000 dan mobil Rp 1.500. Setelah itu, tinggal menuruni anak tangga yang di tengah perjalanan pun, sudah tampak jelas keindahan Danau Aco yang biasanya diikuti gumpalan awan tebal di atas.

Anak tangga yang memang tidak sedikit kerap membuat pengunjung kelelahan, terutama yang sudah berada di bawah dan ingin kembali ke lokasi parkir. Namun, telah tersedia dua pendopo berukuran cukup besar di pertengahan tangga, yang tentu bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat maupun menikmati pemandangan Danau Aco.



Reporter : Juna Basir    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0