20 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Bantaran Sungai Mumus Akan Ditertibkan Pemkot Samarinda


Bantaran Sungai Mumus Akan Ditertibkan Pemkot Samarinda
Pemukiman di bantaran Sungai Karang Mumus Samarinda (Foto: KlikSamarinda)

KLIKSENDAWAR.COM - Aparat Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda akan turun ke area rumah warga di bantaran Sungai Karang Mumus (SKM) segmen I, Jalan S Parman (eks Ruhui Rahayu. pada Kamis, 22 September 2016.

Aparat akan menandai setiap bangunan rumah di SKM Segmen I yang akan digusur Pemkot Samarinda. Di sana, sekitar 35 KK warga yang sepakat untuk dipindahkan pada hari Jumat 23 September 2016 dan akan melangsungkan pembongkaran bersama aparat.

"Sementara pada hari Jumat nanti, barang dan perabot rumah tangga lainnya, dari angkutan transportasi akan ditanggung Pemkot," tutur Wakil Walikota Samarinda, Nusyirwan Ismail kepada KlikSamarinda, Rabu malam, 21 September 2016.

Sementara sisanya, imbuh Nusyirwan, warga memilih untuk tetap bertahan.

"Tawaran kami sudah jelas, kami gratiskan Rusunawa II di Jalan Teuku Umar, Sungai Kunjang. Itu opsi realistis saat ini yang bisa kami lakukan, dengan tiga bulan inap, Pemkot yang tanggung," ungkap politisi partai Nasdem tesebut.

Tawaran itu memang belum diambil oleh warga. Warga yang seperti saat ini, kata dia, mencari sendiri tempat inap yang ingin mereka tinggali.

Data-data yang berhubungan dengan kependudukan nantinya akan mempermudah warga untuk mendapatkan KTP domisili baru. Nantinya ini juga akan mempermudah warga mendapatkan pelayanan, baik BPJS maupun berobat di Puskesmas.

"Yang jelas tidak bisa ditawar lagi. Penertiban ini terkait peraturan yang ada," pungkas dia. Sedangkan, tawaran lainnya yakni membeli tanah dengan cara berangsur tiap bulannya seharga Rp700 ribu dengan bantuan Pemkot Rp400 Warga.

Namun, sebagian warga tetap keukeh untuk mempertahan bangunan, serta tawaran mereka ganti rugi rumah.

"Pemkot ini kan sedang tidak ada uangnya. Jadi warga juga memahami mengenai ancaman krisis kas dana Pemkot," terangnya. (*)

Reporter : Yoyok Sudarmanto | KlikSamarinda    Editor : Juna Basir



Comments

comments


Komentar: 0